Upaya Pemanfaatan Media Kolam Renang sebagai Sarana Pembelajaran Renang Gaya Bebas pada Siswa Kelas IV SDN 3 Ternyang Sumberpucung Kabupaten Malang Tahun 2021/2022
Abstract
Salah satu hal yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu nilai ketuntasan siswa yang masih rendah pada mata pelajaran penjaskes khususnya materi renang. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berenang maka diperlukan upaya pemanfaatan media kolam renang sebagai sarana pembelajaran renang gaya bebas pada siswa kelas IV SDN 3 Ternyang Sumberpucung Kabupaten Malang Tahun 2021/2022. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan jika pemanfaatan media kolam renang sebagai sarana pembelajaran renang gaya bebas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Ternyang Sumberpucung Kabupaten Malang Tahun 2021/2022. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa mencapai 75% dan pada siklus II nilai ketuntasan siswa mencapai 90%.




