Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika yang Memuat Barisan dan Deret Geometri pada Siswa Kelas XII MIPA 3 Semester 2 SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Sugeng Sugeng SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini diawali dengan adanya hasil belajar siswa yang masih rendah khususnya pada mata pelajaran matematika materi barisan dan deret geometri. Oleh karena itu dilaksanakan penelitian penerapan metode problem based learning sebagai salah stau solusi mengatasi permasalan ini. Diharapkan dengan penelitian ini maka hasil prestasi belajar siswa dapat meningkat. Penelitian menggunakan PTK dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII MIPA 3  Semester 2 SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020 khususnya pada materi memuat barisan dan deret geometri. Hasil peningkatan bisa dilihat trend kenaikkannya pada siklus I sebanyak 65,6% dan pada siklus II naik menjadi 87,5%.

 

Published
2022-10-28