Penerapan Metode Inquiry Based Learning dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Pertidaksamaan Eksponen dan Logaritma pada Siswa Kelas XII MIPA 5 Semester 2 SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Muhammad Fauzi SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu solusi yang diberikan oleh guru karena melihat evaluasi belajar siswa yang masih rendah. Penerapan metode inquiry based learning menjadi salah satu solusi yang dikembangkan guru dalam mengajar mata pelajaran matematika dengan materi pertidaksamaan eksponen dan logaritma. Siswa yang menjadi sasaran penelitian ini yakni Siswa Kelas XII MIPA 5 Semester 2 SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian menggunakan PTK. Hasil penelitian menunjukkan jika dengan diterapkannya metode inquiri based learning dapat meningkatkan nilai siswa sehinga ketuntasan siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat pada siklus I setelah diteraokan metode ini didapatkan nilai ketuntasan siswa sebesar 66,7% dan pada tindakan siklus II nilai ketuntasan siswa meningkat menjadi 87,9%.

Published
2022-10-28