Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Tema Indahnya Kebersamaan Kelas III SDN Condong IV Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019

  • Su’ud Su’ud SDN Condong IV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III melalui penerapan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE). Metode yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan langkah-langkah perencanaan dan pelakasanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Condong IV. Subjek penelitian adalah siswa kelas III Tahun Pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 39 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Validasi lembar observasi ditentukan melalui Judgement Ahli. Berdasarkan hasil observasi aktivtias guru dan aktivitas siswa selama proses kegiatan belajar mengajar pada siklus I belum seluruhnya sesuai dengan langkah- langkah pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE), sedangkan pada siklus II seluruh aktivitas pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan menunjukkan kategori baik. Dengan hasil observasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Condong IV.

 

Published
2022-12-28