Peningkatan Pembelajaran Lari Cepat Melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas V SDN Condong IV Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Sugianto Sugianto SDN 4 Mulyoarjo, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pembelajaran lari cepat melalui pendekatan bermain pada siswa kelas V SD Negeri Condong IV Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Condong IV Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 12 siswa putri dan 11 siswa putra. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar pengamatan dan angket, dilakukan oleh peneliti dan kolabolator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan pembelajaran lari cepat untuk kelas V SD Negeri Condong IV Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan hasil angket, terlihat aktivitas, sikap dan rasa senang dikategorikan baik, sedangkan hasil evaluasi pada siklus 1 sebesar 60,87% siswa yang mampu melakukan gerakan lari cepat dengan benar, pada siklus 2 meningkat menjadi 78,26% siswa, dan meningkat pada siklus 3, yaitu sebesar 100% siswa yang mampu melakukan gerakan lari cepat dengan benar.

Published
2022-12-28