Penerapan Model Mind Mapping dengan Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS di SDN Brani Wetan I Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Kusbari Kusbari SDN Brani Wetan I, Indonesia

Abstract

Berdasarkan hasil observasi sebelumnya yang dilakukan disekolah SDN Brani Wetan I tepatnya dikelas V diketahui bahwa dalam pembelajaran guru sudah menggunakan media gambar sebagai alat bantu untuk mengajar, guru juga sudah menerapkan metode pembelajaran. Namun, hal tersebut masih kurang dalam meningkatkan kreativitas siswa. Pada saat proses pembelajaran guru juga sudah menerapkan beberapa model pembelajaran tetapi belum pernah menerapkan model pembelajaran mind mapping. Siswa juga masih kurang dalam mengemukakan pendapatnya sehingga siswa cenderung lebih banyak diamnya sehingga tingkat kekreativitasnya dalam belajar masih sangat kurang serta membuat hasil pembelajarannya tidak sesuai dengan apa yag diingikan. Yang merupakan rumusan dalam penelitian ini yaitu 1. Bagaimana aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Brani Wetan I. 2. Bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Brani Wetan I. 3. Bagaimana kreativitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Mind Mapping dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Brani Wetan I. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK, yang menjadi subjek dari penelitian ini yaitu siswa di kelas V SDN Brani Wetan I berjumlah 41 siswa. Adapun cara mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan rubrik kreativitas siswa, data tersebut akan dihitung memnggunakan rumus. Adapun nilai yang diperoleh memperlihatkan aktivitas guru di siklus I yaitu 71,73% dan meningkat pada siklus II yaitu 96,73% , sedangkan pada aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 70,65% meningkat pada siklus II 94,56%. Adapun kreativitas siswa pada siklus I 58,53% dan meningkat pada siklus II 85,35%. Berdasarkan permasalahan yang telah dipaparkan maka dapat dikatakan bahwa dengan menerapkannya model pembelajaran mind mapping mampu meningkatkan kreativitas siswa.

Published
2022-12-28