Impresi Layanan Edukasi pada Kelompok terhadap Pemetaan Sosial Kelas VII SMPN 1 Candi Sidoarjo
Abstract
SMPN 1 pilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pembelajaran dalam proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru matematika kelas VI paralel SMPN 1 Candi Sidoarjo, diperoleh informasi bahwa: 1) siswa yang nilainya kurang di bawah nilai 75 jumlahnya masih 10 siswa lebih dari 28 siswa, 2) siswa masih banyak yang kurang siap dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, 3) keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang aktif, 4) di madrasah tersebut masih belum pernah dilaksanakan pembelajaran dengan metode pembelajaran probing-prompting pada pembelajaran matematika khususnya materi bangun ruang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode pembelajaran probing-prompting sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk tindakan kelas yang dirancang dalam suatu siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SMPN 1 Candi Sidoarjo Tahun Pelajaran 2021/2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes, observasi, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan pembelajaran, soal tes, lembar observasi, dan lembar angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data non statistik yaitu dengan analisa deskriptif. Model analisa ini dengan cara membandingkan rata-rata presentasenya.




