Penerapan Metode Cooperative Script untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text pada Siswa Kelas VIII-E Semester 1 SMP Negeri 3 Kalidawir Tahun Pelajaran 2017/2018

  • Dewi Wijaya SMP Negeri 3 Kalidawir, Indonesia

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang sudah dilakukan pada siswa kelas VIII-E di semester I SMPN 3 Kalidawir tepatnya tahun ajaean 2017/2018 diketahui jika nilai ketuntasan ssiwa dalam belajar masih rendah khususnya pada saat mempelajari keterampilan menulis. Keterampilan menulis yang dimaksud adalah menuis Descriptive Text. Guru menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script pada penelitian tindakan ini dengan tujuan untuk meningkatkan nilai siswa dalam menulis Descriptive Text. Hasil penelitian adalah jika penerapan metode pembelajaran Cooperative Script  pada keterampilan menulis Descriptive Text ternyata dapat meningkatkan nilai siswa. Pada saat siklus I nilai siswa dalma menulis sebanyak 61,8% dan pada saat siklus II hasil belajar siswa mnegalami peningkatan menjadi 91,2%.

Published
2023-01-31