Penerapan Metode Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang Memuat Peran Indonesia dalam Hubungan Internasional dalam Era Globalisasi pada Siswa Kelas IX-A Semester 2 SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung
Abstract
Siswa*kelas IX-A*pada*semester genapitahuniajarani2018–2019 di SMPN 3 KalidawiriTulungagung telah*dilakukan*observasi dan memperoleh hasil apabila nilai siswa tetap berada di bawah KKM yang telah*ditetapkan sekolah. Dengan menerapkan*metode mind mapping*pada*mata*pelajaran*Pendidikan Kewarganegaraan yang mencakup posisi Indonesia dalam hubungan internasional, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan nilai mahasiswa. Siswa menganggap materi ini menantang. Karena siswa masih kesulitan memahami materi ini, nilai mereka rendah. Metode mind mapping ini diterapkan agar nilai siswa bisa naik. Jika penerapan teknik pemetaan pikiran ini dapat meningkatkan skor siswa, maka prediksi yang dibuat oleh penelitian tindakan terbukti benar. Siswa dengan nilai di atas KKM adalah 88,2% pada siklus kedua, dibandingkan dengan 52,9% pada siklus pertama.




