Penerapan Strategi 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Posteri pada Siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
iBerdasarkaniobservasiiyangidilakukan diiKelas VIII-A saat pembelajaran bahasa Indonesia, ditemukan bahwa kemampuan menulis siswa belum maksimal. Dari 32 siswa, hanya sembilan siswa tingkat lanjut yang mampu mencapai KKM atau 70, dan 23 siswa lainnya masih belum mampu mencapai KKM atau 69. Hal ini disebabkan guru kurang menggunakan strategi, metode, atau model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas siswa, ketidakhadiran guru di kelas setelah pemberian tugas, dan masih banyak siswa yang terus bermain sendiri selama pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, perlu diterapkan Pendekatan Metode 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan) dalam pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan keterampilan menulis siswa saat menjawab pertanyaan tentang pembuatan poster. Jenisipenelitianitindakanikelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini. Siswa kelas VIII-A dijadikan sebagai subjek penelitian. Peneliti berperan sebagai instruktur dan guru kelas berperan sebagai poster observer proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode 3M (Meniru, Mengolah, dan Mengembangkan) untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa dan materi poster pada siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 3 Kalidawir Tulungagung memiliki peluang keberhasilan yang tinggi. Berdasarkan skor post-test dari setiap siklus, keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan, dengan 65,6% siswa mendapatinilaiidi atasiKKMipadaisiklusiIidani90,6% pada siklusiII.




