Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Bilangan Pecahan pada Siswa Kelas VI UPT Satuan Pendidikan SDN Purutrejo I Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 20

  • Suryani Suryani SDN Purutrejo I Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan, Indonesia

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan yang dialami oleh orang yang belajar. Selain perubahan pengetahuan, perubahan tersebut meliputi perubahan keterampilan, kebiasaan, pemahaman, penguasaan, dan penghayatan. Tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran siswa kelas VI materi pecahan di SDN Purutrejo I Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan tahun pelajaran 2021 dan 2022. SDN Purutrejo I Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. Selama tahun pelajaran 2021/22, siswa kelas VI SDN Purutrejo I Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan dijadikan sebagai subjek penelitian. Siswa kelas 6 berjumlah 28 orang, 14 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Dua fase siklus aktivitas pembelajaran digunakan untuk mencapai hal ini. Pada 9 Agustus 2021, Siklus I selesai, dan pada 28 Agustus 2021, Siklus II selesai. Hanya 30% siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran yang mencapai hasil terbaik pada penelitian pra-siklus. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran belum mencapai hasil maksimal yang ditetapkan yaitu 80% ketuntasan. Ketuntasan hasil belajar meningkat sebesar 70% pada hasil tes siswa siklus I. Berdasarkan hasil tes siklus II tindakan perbaikan pembelajaran dihentikan karena 90% siswa telah menyelesaikan pembelajarannya.

Published
2023-04-18