Peningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Membaca Qs. Al Qodr dan Qs. Al ‘Alaq dengan Metode STAD pada Siswa Kelas VI-B SD Negeri 1 Jepun Kecamatan Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
PAI merupakan ilmu yang berhubungan akhlak yang bersumber pada Al -Qur’an Ddan Hadist Rosulluloh yang meliputi Aqidah , Tarikh, Akhlaq, Fiqih sehingga sulit dipahami siswa. Indikasi yang paling mudah ditemukan adalah hasil belajar siswa yang cenderung kurang memuaskan. Berdasarkan pengalaman peneliti sebagai guru Kelas VI-B SD Negeri 1 Jepun Kecamatan Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 proses kegiatan belajar mengajar terutama mata pelajaran PAI belum menggunakan pembelajaran dan media yang menarik. Minat siswa untuk belajar PAI sangat kurang yang dapat ditunjukkan dari persentase siswa yang mempunyai nilai diatas KKM hanya 35.48%.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Membaca QS. Al Qodr dan QS. Al ‘Alaq Dengan Metode STAD Pada Siswa Kelas VI-B SD Negeri 1 Jepun Kecamatan Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 ? sedangkan tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memperoleh gambaran yang obyektif Peningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Membaca QS. Al Qodr dan QS. Al ‘Alaq Dengan Metode STAD Pada Siswa Kelas VI-B SD Negeri 1 Jepun Kecamatan Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), implementasi/tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection).. Hasil belajar pada siklus I diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada akhir pertemuan siklus I dan pada siklus 2 juga diadakan tes pada akhir kegiatan pembelajaran. Dari seluruh pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan metode STAD pada pelajaran PAI di Kelas VI-B SD Negeri 1 Jepun Kecamatan Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat disimpulkan sebagai berikut: metode STAD pada pelajaran IPA di KelaS VI-B semester 1 SD Negeri 1 Jepun Kecamatan Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya ketuntasan klasikal hasil belajar siswa. Sebelum pembelajaran metode STAD ketuntasan belajar siswa dalam kelas 35.48% atau 11 siswa. Setelah menerapkan pembelajaran dengan metode STAD ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 64.52% atau 20 siswa tuntas pada siklus 1, pada siklus 2 diperoleh ketuntasan klasikal belajar siswa mencapai 100% atau 31 siswa




