Pengembangan Video sebagai Media Pembelajaran Membuat Cutting Sticker pada Mata Pelajaran Seni Budaya SMP Negeri 1 Sumberpucung
Abstract
Video merupakan jenis data berupa gambar-gambar bergerak yang ditampilkan untuk penyampaian suatu informasi. Manfaat video tersebut dapat digunakan sebagai sebuah media pembelajaran dalam penyajian suatu materi pembelajaran. Salah satu materi pembelajaran Seni Budaya yang tepat disajikan dalam bentuk video adalah proses pembuatan cutting sticker. Berkaitan dengan itu, maka perlu diadakan penelitian dan pengembangan video sebagai media pembelajaran membuat cutting sticker. Setelah data terkumpul, kemudian data dianalisis dalam bentuk prosentase dan disajikan dalam bentuk paparan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh dua kesimpulan sebagai berikut. Pertama, media pembelajaran ini layak untuk digunakan guru dan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sumberpucung dalam kegiatan pembelajaran membuat cutting sticker pada mata pelajaran Seni Budaya. Media pembelajaran ini layak karena telah diuji oleh ahli media pembelajaran, ahli materi cutting sticker, guru Seni Budaya SMP Negeri 1 Sumberpucung, dan dilakukan uji coba pada kelompok kecil. Selain itu, komponen dari media pembelajaran yang masih perlu direvisi pun telah direvisi oleh pengembang berdasarkan saran dan kritik dari subjek ahli. Kedua, produk pengembangan ini merupakan media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mencapai keberhasilan pembelajaran membuat cutting sticker pada mata pelajaran Seni Budaya siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sumberpucung. Media pembelajaran ini dikatakan efektif karena mampu membantu siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan hasil yang lebih dari 80 % dari tingkat keberhasilan. Sedangkan dikatakan efisien karena media pembelajaran ini mampu menyajikan pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mengikuti pembelajaran membuat cutting sticker dengan cara manual.




