Peningkatan Prestasi Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Kooperatif Model TPS Materi Cahaya pada Siswa Kelas VIII-A Semester Genap UPTD SMPN 2 Gurah Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
IPA didefiniksan sebagai suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara alam. Perkembangan IPA tidak hanya ditandai dengan adanya fakta, tetapi juga oleh adanya metode ilmiah dan sikap ilmiah. Metode ilmiah dan pengamatan ilmiah menekankan pada hakikat IPA. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TPS ? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model TPS terhadap motivasi belajar siswa?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah diterapkannya Metode Kooperatif model TPS (Think Pair Share) Materi Cahaya Pada Siswa Kelas VIII-A Semester genap UPTD SMPN 2 Gurah Tahun Pelajaran 2018/2019, 2). Mengetahui pengaruhnya metode kooperatif model TPS dalam meningkatkan prestasi serta pemahaman siswa terhadap materi pelajaran IPA setelah diterapkan Metode Kooperatif model TPS (Think Pair Share) Materi Cahaya Pada Siswa Kelas VIII-A Semester genap UPTD SMPN 2 Gurah Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (59,4%), siklus II (75%), siklus III (87,5%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TPS dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VIII-A, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.




