Upaya Keefektivan Metode PQRST dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Semester I Sekolah Dasar Negeri 1 Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Salah satu tujuan umum pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum 2006 yang terkait dengan pembelajaran membaca adalah siswa dapat memahami bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi, serta menggunakannya dengan tepat untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan. Sebenarnya siswa sudah dapat membaca dengan lancar, tetapi hanya sebatas membaca dalam arti melambangkan tulisan. Jika menjawab pertanyaan isi bacaan, siswa melihat kembali isi bacaan tersebut. Pada akhirnya siswa kesulitan menyusun kembali isi bacaan dan tidak dapat menceritakan isi bacaan. Hal ini merupakan kebiasaan membaca yang salah. Metode PQRST ini dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan dalam membaca pemahaman dan membantu siswa yang daya ingatanya kurang atau kurang memahami bacaan yang dibacanya dengan langkah-langkah membaca. Sehingga penulis ingin melakukan penelitian mengenai Efektivitas Metode PQRST dalam Membaca Pemahaman Teks Bacaan Mata pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas VI Sekolah Dasar NegerI 1 Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan dengan metode PQRST dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan kelompok yang tidak menggunakan metode PQRST dan mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan metode PQRST yang diberikan oleh guru dalam membaca pemahaman teks bacaan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VI yang berjumlah 1 kelas yang berada di Sekolah Dasar Negeri 1 Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik random sampling. Dari 1 kelas yang ada diambil 1 kelas untuk sampel penelitian. variabel dalam peneliitan ini ada dua yaitu penggunaan metode PQRST sebagai variabel bebas dan prestasi belajar membaca pemahaman siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik t test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan dengan metode PQRST pada siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Tangkilsari Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah 7,1 sedangkan rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol adalah 6,1. Setelah dilakukan analisis statistik dengan t test diperoleh harga thitung = 8.034 > t(0,975)(58) = 2.00. Dengan demikian menunjukkan bahwa metode PQRST dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 1 Tangkilsari meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman teks bacaan mata pelajaran Bahasa Indonesia Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Efektivitas penggunaan metode PQRST dalam sebesar 16,39%.




