Peningkatan Keterampilan Menulis Report Text melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IX-A SMP Negeri 3 Ngunut Semester 1 Tahun pelajaran 2022/2023

  • Susiani Susiani SMP Negeri 3 Ngunut, Indonesia

Abstract

Pengamatan dilakukan di Kelas IX-A selama pengajaran bahasa Inggris, dan ditemukan bahwa kemampuan menulis siswa di bawah rata-rata. Hanya delapan dari 30 siswa yang mencapai nilai KKM 70 atau lebih, dan 23 siswa lainnya masih belum layak untuk mencapai nilai KKM 69 atau lebih. Hal ini dikarenakan guru tidak menekankan informasi yang jelas tentang cara menulis teks report, meninggalkan kelas setelah mendelegasikan tugas, tidak menggunakan model, sistem, atau teknik pembelajaran yang dapat mendorong imajinasi dalam diri siswa, dan membiarkan banyak siswa bermain sendiri sambil belajar. terjadi. Untuk mencapai tujuan pembelajaran dan lebih mengembangkan kemampuan menulis siswa dalam menanggapi pertanyaan tentang menulis teks laporan, maka perlu untuk menerapkan Pendekatan Kemampuan Siklus. Sebuah metode yang dikenal sebagai penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini. Siswa kelas IX-A menjadi subjek penelitian. Fokus kajian ini adalah pada analis sebagai pendidik (educating) dan pendidik kelas (research partner) sebagai saksi pengalaman pendidikan menulis teks report. Pengungkapan tersebut menunjukkan bahwa penggunaan Metode Kapasitas Siklus untuk menata ulang uji coba kemampuan mengarang dan membuat siswa kelas IX-A SMP Negeri 3 Ngunut memenuhi kaidah ketuntasan tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan crafting siswa akibat nilai postes per siklus yang melebihi KKM yaitu sebesar 93,5 persen pada siklus II dan 67,7 persen pada siklus I.

Published
2023-04-18