Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Menggunakan Media Kantong Bilangan pada Siswa Kelas I SD Negeri Binor Kecamatan Paiton
Abstract
Dengan menggunakan media kantong bilangan, tujuan kajian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas I SD Negeri Binor Paiton. Persiapan, aktivitas, persepsi, dan kontemplasi pada setiap siklus semuanya termasuk dalam model Kemmis dan McTaggart yang digunakannya. Penelitian ini difokuskan pada 15 siswa SD Negeri Binor Kecamatan Paiton. Penegasan, pengujian, dan dokumentasi sebagai teknik pemilahan informasi Pemeriksaan informasi abstrak dan kuantitatif diselesaikan. 75% siswa dianggap kuat setelah mencapai KKM yang telah ditentukan, yaitu 70. Studi ini menunjukkan bahwa materi bilangan dapat bermanfaat bagi siswa matematika kelas satu di SD Negeri Binor di Kabupaten Paiton. Bila tidak dilakukan, hanya 5 siswa atau 33% yang memenuhi syarat KKM di SD Negeri Binor Paiton I. Kegiatan mengalami peningkatan, dengan peserta sebanyak 8 siswa (53% di kelompok II) dan 9 siswa (60% di KKM). 11 siswa atau 73% hadir hingga siklus II pertemuan I dengan KKM; 14 siswa atau 93% mencapai nilai ketuntasan pada pertemuan kedua. Hasil pengadaan dari siklus I pertemuan I adalah 65, siklus II pertemuan I adalah 67, dan arisan siklus II I adalah 69. Setiap siklus rata-rata nilai hasil belajar dari pertemuan siklus II meningkat menjadi 77.




