Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya Materi Gerak Tari sesuai dengan Level dan Pola Lantai dengan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek

  • Herastuty Hardjono SMPN 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek
Keywords: hasil belajar, seni budaya, media audio visual

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran obyektif tentang Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya Materi Gerak Tari Sesuai Dengan Level Dan Pola Lantai dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VIIB SMPN 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Spiral Kemmis dan Mc Taggart. Secara garis besar terdapat empat tahapan yang biasa dilalui, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observing), (4) refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMPN 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Pemilihan subyek penelitian ini didasarkan bahwa peneliti adalah wali kelas VII B di SMPN 1 Bendungan Kabupaten Trenggalek semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 sehingga dapat mempermudah jalannya penelitian. Pembelajaran dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 1 Bendungan. Hal ini dapat dibuktikan denganĀ  nilai rata-rata hasil belajar sebesar 60,00 pada studi awal, menjadi 70,00 pada siklus pertama dan 77,92 pada akhir siklus 2, sedangkan tingkat ketuntasan belajar baru mencapai angka 9 siswa atau 37,50% pada studi awal dan 15 siswa atau 62,50 pada siklus 1. Kemudian setelah diadakan siklus 2 ketuntasan belajar mencapai angka 22 siswa atau 91,67% dan masih terdapat dua siswa yang belum tuntas belajarnya atau sebesar 8,33%.

Published
2023-03-30