Pengembangan kotak suku kata untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa Sekolah Dasar

  • Niswatul Jannah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Cindya Alfi Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
  • Siti Rofi’ah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar, Indonesia
Keywords: Keterampilan membaca;, Pengembangan media;, Siswa Sekolah Dasar;

Abstract

Media kotak suku kata merupakan kotak yang didalamnya berisi sejumlah kartu kata berisikan gambar dan nama benda yang diawali suku kata ka, ki, ku, ke dan ko, yang dapat membantu proses pembelajaran membaca permulaan. Tujuan penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berupa kotak suku kata pada mata pelajaran bahasa Indonesia serta meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D), dan model ADDIE. Tahapan pengembangan yang dilakukan ialah analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai 92% dengan kriteria “sangat valid”. Validasi ahli materi memproleh nilai 95%, dengan kriteria “sangat valid”. Selanjutnya peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD diperoleh hasil uji pre-test dan post-test berdasarkan nilai N-Gain Score adalah 0,7333. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kotak suku kata mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I UPT SD Negeri Jimbe 03 Kabupaten Blitar.

Published
2024-03-20