Pengembangan Media Puzzle dengan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan Belajar pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV di SDN Wonorejo 2

  • Oktavida Istna Ulin Nur Mazidah Universitas Nahdaltul Ulama
  • Fathul Niam Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Aang Yudho Prastowo Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Pengembangan, Media Puzzle, Motivasi dan keaktifan Siswa, Discovery Learning

Abstract

Abstrak: Tinjauan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan media pembelajaran permainan puzzle untuk melatih keaktifan dan motivasi siswa pada pembelajaran sumber daya alam kelas IV di SDN Wonorejo 2, mengetahui validitas dan efektifitas media, serta mengetahui perbedaan tingkat pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan media. Hal ini berdampak pada rendahnya tingkat motivasi dan keaktifan siswa dikelas sehingga mempengatuhi hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Puzzle sumber daya alam sebagai peningkatan motivasi dan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan tahapan dari model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket ahli  media, angket ahli materi, angket siswa, dan angket guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keabsahan dan dikatakan valid: (1) ahli media dan rencana mendapatkan skor 89% dengan sangat valid, (2) ahli materi mendapat skor 92,5% dengan standar sangat valid. Kesimpulan dari hasil penelitian ini untuk media Puzzle dapat digunakan dalam pembelajaran IPS khususnya materi sumber daya alam karena sudah mencapai kevalidan.

 

Abstract: This review is intended to grow the puzzle game learning media to train student activeness and motivation in learning natural resourcesfor class IV at sdn wonorejo 2, to know the validity an effectiveness of the media, and to know the difference in student understanding levels before and after using the media. This has an impact on the low level of motivation and activeness of students in class so that if affects learning outcomes. This study aims to develop a natural resource puzzle learning media as an increase in students motivation and active learning. This study uses the stages of the ADDIE model, namely analysis, design, development, implementation,and evaluation. The results shawed that the level of validity and was said to be valid: (1) media and planning experts got a score of  89% with a very valid score, (2) material experts got a score of 92,5% with a very valid standard. The conclusion from the results of this study for puzzle media can be used in social studies learning, especially natural resource material because it has reached validity.

Published
2022-03-16