Upaya peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi rangkaian listrik menggunakan laboratorium virtual untuk Sekolah Dasar kelas 6
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan bidang studiyang menghasilkan produk ilmiah seperti teori, hukum, dan konsep melalui proses dan sikap ilmiah. Tujuanmempelajari IPA adalah untuk membantu siswamemecahkan masalah dan memahami fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran IPA yang efektif membutuhkanketerlibatan siswa secara langsung untuk memperolehfakta yang sebenarnya. Namun, dalam pembelajaranIPA, tidak semua siswa memiliki kemampuan yang samadalam memahami rangkaian listrik sederhana. Pembelajaran berbasis teori sering kali membuat siswapasif dan kurang tertarik, sehingga berdampak pada hasil belajar mereka. Oleh karena itu, guru perlumemilih metode, strategi, pendekatan, dan media yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk meningkatkanhasil belajar siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran laboratorium virtual. Penelitian inibertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelasVI Qiblatain pada materi rangkaian listrik denganmenggunakan media pembelajaran laboratoriumvirtual. Metode penelitian yang digunakan adalahPenelitian Tindakan Kelas.
Improving learning outcomes in natural science on electrical circuits using a virtual laboratory for grade 6 elementary school
Science (IPA) is a field of study that produces scientific products such as theories, laws, and concepts through scientific processes and attitudes. The purpose of learning IPA is to help students solve problems and understand phenomena that occur in everyday life. The effective IPA learning process requires direct involvement of students to obtain factual information. However, not all students in IPA learning have the same ability to understand simple electric circuits. Theory-based learning often makes students passive and less interested, which has an impact on their learning outcomes. Therefore, teachers need to choose methods, strategies, approaches, and media that involve students actively in the learning process. One solution to improve student learning outcomes is to use virtual laboratory learning media. This study aims to improve the learning outcomes of grade VI Qiblatain students on the topic of electric circuits using virtual laboratory learning media. The research method used is Classroom Action Research.



