Analisis Strategi Pembelajaran Listening Mandiri melalui Media Sosial Ditinjau dari Tingkat Kemahiran Mahasiswa ESL
Abstract
Salah satu strategi pembelajaran listening yang efektif dan sesuai dengan karakteristik mahasiswa EFL adalah dengan menggunakan platform media sosial. Media sosial telah terbukti meningkat prestasi pembelajaran bahasa inggris dari berbagai aspek. Namun, namun kajian yang secara khusus meneliti keterkaitan antara pemanfaatan media sosial dengan tingkat kemampuan listening masih sangat terbatas. Padahal, keterkaitan ini perlu dianalisa karena memiliki peran penting dalam konteks pembelajaran, terutama pembelajaran listening di tingkat perguruan tinggi. Dengan mengetahui tingkat kemampuan listening dari mahasiswa EFL melalui pemanafaatan media sosial dapat membantu dosen dalam merancang strategi pembelajaran listening yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk memaknai strategi pembelajaran listening mandiri dalam tingkat kemampuan listening yang telah ada. Penelitian ini merupakan penelitian descriptive kualitatif dengan menggunakan total sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa masih satu jenis pendekatan dan satu jenis strategi yang digunakan oleh mahasiswa dalam proses pembelajaran listening mandiri.
One of the effective listening learning strategies that aligns with the characteristics of EFL students is the use of social media platforms. Social media has been proven to enhance English learning achievement across various aspects. However, studies that specifically examine the relationship between the use of social media and listening proficiency remain very limited. In fact, this relationship needs to be analyzed, as it plays an important role in the context of language learning, especially listening instruction at the tertiary level. Understanding students’ listening proficiency through their use of social media can help lecturers design more appropriate listening learning strategies. This study aims to explore and interpret self-directed listening strategies in relation to existing levels of listening proficiency. It employs a descriptive qualitative approach using total sampling. The findings of this study indicate that students tend to rely on a single type of approach and a single strategy in their self-directed listening learning process.



