Peran media pembelajaran pendidikan pancasila berbasis digital dalam menguatkan nilai pancasila di era society 5.0
Abstract
Penelitian ini membahas peran berbagai media pembelajaran berbasis teknologi seperti metaverse, audiovisual, dan media digital interaktif dalam memperkuat nilai-nilai Pancasila di jenjang pendidikan dasar. Di era digital, pendekatan konvensional dalam pembelajaran PPKn perlu disesuaikan agar lebih kontekstual, menarik, dan relevan dengan karakteristik peserta didik saat ini. Metaverse, melalui teknologi AR dan VR, menghadirkan simulasi sosial yang memungkinkan siswa mengalami langsung nilai-nilai Pancasila dalam situasi virtual. Sementara itu, media audiovisual seperti video berbasis kearifan lokal terbukti meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa secara emosional dan visual. Media interaktif seperti Quizizz, Pop-Up Book digital, dan komik digital turut meningkatkan partisipasi aktif serta pemahaman kognitif siswa terhadap nilai-nilai luhur bangsa. Hasil kajian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga berperan strategis dalam membentuk karakter siswa sesuai dengan lima sila Pancasila. Implikasi dari kajian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pendidik, institusi, dan kebijakan pendidikan dalam mengoptimalkan penggunaan media digital demi mendukung pendidikan karakter yang adaptif di era teknologi.



