Pengembangan Modul Pembelajaran Renang Gaya Dada berbasis QR Code
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan modul renang gaya dada berbasis QR Code pada kelas X SMK Nahdlatul Ulama Donomulyo. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dari Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah satu ahli bahasa, satu ahli materi, satu ahli media, untuk uji kelompok kecil berjumlah 6 peserta didik dan untuk uji produk utama berjumlah 32 peserta didik. Objek penelitian ini adalah modul pembelajaran renang gaya dada berbasis QR Code pada kelas X SMK Nahdlatul Ulama Donomulyo. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil validasi ahli bahasa 92,50% (sangat valid), ahli materi 97,14% (sangat valid), ahli media 92,00% (sangat valid). Hasil uji praktikalitas pada uji kelompok kecil 75,55% (praktis) dan uji lapangan produk utama 87,73% (sangat praktis). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran renang gaya dada berbasis QR Code yang di dalamnya terdapat teks, gambar dan video yang tertaut pada link barcode dan terhubung ke aplikasi youtube telah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pemelajaran.



