Validasi Media Pembelajaran Pabio (Puzzel Biografi) untuk Keterampilan Menulis Teks Biografi Kelas X

  • Mutamimatul Khusna Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Agus Hermawan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Validasi, Media, Puzzel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran Pabio (Puzzle Biografi) untuk siswa kelas X. puzzle adalah permainan yang terdiri dari potongan gambar-gambar, kotak-kotak, huruf-huruf atau angka-angka yang disusun seperti dalam sebuah permainan yang akhirnya membentuk sebuah pola tertentu sehingga membuat pesertadidik menjadi termotivasi untuk menyelesaikan puzzle secara tepat dan cepat. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari penilaian ahli, guru, dan siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah dua ahli, satu guru, dan tiga belas siswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Instrumen pengumpulan data berupa validasi ahli, lembar penilaian guru, dan lembar respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Pabio (Puzzle Biografi) layak untuk diimplementasikan. Berdasarkan validasi ahli, penilaian guru, dan respon siswa presentase skor ahli media sebesar 89%, ahli materi sebesar 93,75%, guru/praktisi sebesar 89%, respon siswa sebesar 92,22%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi skor yang diperoleh, semakin baik pula hasil kevalidan media pembelajaran tersebut.

Published
2021-10-07