Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Tempat Bersejarah Bermuatan Pendidikan Karakter Nasionalisme pada Siswa Kelas VII

  • Nilna Munafaida Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Agus Hermawan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Media Pembelajaran, Deskripsi, Karakter Nasionalisme

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada kelas VII MTs Ma’arif NU Kota Blitar, ditemukan beberapa karakter yang perlu ditanamkan kepada siswa. Salah satunya adalah karakter nasionalisme atau rasa cinta terutama pada tempat bersejarah di daerahnya. Hal tersebut didukung dengan kurangnya wawasan siswa dalam hal eksplorasi tempat bersejarah di Blitar serta lingkup sekolah yang berada di Boarding school. Oleh karena itu, perlu penanaman karakter nasionalisme terhadap siswa. Salah satunya melalui proses pembelajaran dengan menyisipkan pendidikan karakter nasionalisme pada teks deskripsi yang memiliki tujuan menggambarkan suatu objek secara detail. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan produk bahan ajar teks deskripsi tempat bersejarah  bermuatan pendidikan karakter nasionalisme. Penelitian ini didasarkan pada model penelitian R&D dengan menerapkan 5 langkah awal dari 10 langkah Borg & Gall (1989). Penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif sederhana. Data kuantitatif  berupa skor penilaian validator ahli, guru bahasa Indonesia, dan peserta didik. Data kualitatif berupa komentar yang dikemukakan oleh validator ahli dan guru bahasa Indonesia. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar teks deskripsi tempat bersejarah di Blitar bermuatan pendidikan karakter nasionalisme yang telah dinilai oleh responden dengan kualifikasi sangat layak, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.

Published
2021-10-07