Resiliensi Guru Pada Masa Pandemi Covid-19

  • Ruwita Erinasari Univeritas nahdlatul ulama blitar
  • Hengki Hendra Pradana Univeritas nahdlatul ulama blitar
  • Nur Arqom Eka Fatria Univeritas Nahdlatul Ulama Blitar
Keywords: Resiliensi, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiiensi dari guru honorer pada saat pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatig dengan jenis penelitian studi kasus. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu berjumlah dua subjek. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Hasil penelitian menunjukkan secara regulasi emosi dari kedua subjek masing-masing dapat mengontrol emosinya dengan baik. Pada pengendalian impuls, masing-masing subjek juga memberi pernyataan jika mereka dapat mengendalikan impuls dengan baik dan dapat menghargai orang lain dengan sebagaimana mestinya. Pada optimisme mereka menyatakan jika masing-masing subjek masih setengah-setengah untuk percaya terhadap dirinya sendiri. Pada Causal Analysis setiap subjek menyatakan bahwa dapat memecahkan masalahnya masing-masing. Selanjutnya pada empati, disini kedua subjek memiliki hubungan baik dengan orang disekitarnya. Sedang pada Self-Efficacy kedua subjek dapat menyelesaikan masalahnya secara baik. Terakhir pada Reaching Out kedua subjek merasa dalam masa pandemic ini pembelajaran dalam jaringan sangat membantu para guru untuk tetap melakukan tugasnnya dengan baik.

Published
2023-01-15
How to Cite
Erinasari, R., Pradana, H., & Fatria, N. A. (2023). Resiliensi Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. Psycho Aksara : Jurnal Psikologi, 1(1), 107-112. https://doi.org/10.28926/pyschoaksara.v1i1.755