Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Kooperatif Model Learning Together pada Siswa Kelas VII Semester 1Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Priyono Priyono SMPN 6 Tulungagung, Indonesia

Abstract

Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya, melibatkan siswa secara aktif alam belajar, menggunakan waktu pelajaran secara efektif serta serius saat mengajar sehingga dapat membangkitkan minat atau motivasi siswa untuk belajar. Makin banyak siswa terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60 %), siklus II (75 %), siklus III (90 %).Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Learning Together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas VII semester 1 SMPN 6 Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bimbingan Konseling.

Published
2023-07-31