Penerapan Model Pembelajaran Mind Map untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Siswa Kelas XII MIPA – 1 SMA Negeri 1 Kalianget Tahun Pelajaran 2021 - 2022
Abstract
Strategi pembelajaran adalah kunci keberhasilan pendidikan di kelas. Namun, elemen lain tidak akan bermanfaat dalam proses mencapai tujuan jika digunakan dengan cara yang tepat. Oleh karena itu, setiap pendidik harus menerapkan pendekatan atau strategi tertentu ketika mereka mengatur pembelajaran. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan apakah strategi pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berpikir siswa meningkatkan hasil belajar mereka, serta bagaimana model pembelajaran MIND MAP mempengaruhi keinginan siswa untuk belajar.Studi ini dilakukan dalam dua putaran penelitian tindakan (action research), masing-masing dengan empat tahap: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Studi ini melibatkan siswa di kelas XII MIPA-1. Data diperoleh dari lembar observasi kegiatan belajar mengajar dan hasil tes formatif.Prestasi belajar siswa meningkat di Siklus I (69,44%) dan Siklus II (88,88%).Studi ini menunjukkan bahwa model Mind Map dapat memengaruhi keinginan siswa untuk belajar di kelas XII MIPA–1 SMAN 1 Kalianget. Model ini juga dapat digunakan sebagai alternatif untuk PAIBP teaching.