Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Model Pengajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VI SD Negeri Gondosuli IV Kecamatan Pakuniran
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa siswa menghadapi kesulitan dalam meningkatkan keterlibatan dan prestasi mereka dalam pelajaran kewarganegaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat dan kebutuhan siswa terhadap teknik pengumpulan data yang mencakup generalisasi analisis kualitatif dan kuantitatif, serta teknik yang mencakup observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Studi ini menggunakan penelitian tindakan (Action Research). Itu dilakukan dalam dua putaran, masing-masing dengan empat tahap: rancangan, kegiatan, pengamatan, dan refleksi.
Menurut temuan, ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan prestasi siswa dalam belajar materi kewarganegaraan melalui model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VI SD Negeri Patokan I Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu, penulis menyarankan agar guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif untuk membantu siswa mendapatkan hasil yang lebih baik, baik dalam hal akademik maupun non akademik.