Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Berwudhu dengan Metode Talking Stick pada Siswa Kelas II SDN Sumberkedawung V Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022

  • Faridah Ismayani SDN Sumberkedawung V Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo, Indonesia

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik siswa Kelas II SDN Sumberkedawung V Kec. Leces Kabupaten Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022 menggunakan metode Talking Stick untuk belajar materi berwudhu. Terdapat 18 siswa yang terlibat dalam penelitian: 10 perempuan dan 8 laki-laki. Studi ini dilakukan antara bulan September dan November 2015. Studi ini adalah penelitian tindakan kelas dua siklus dengan empat tahap masing-masing: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Untuk mengumpulkan data, observasi dan dokumentasi digunakan. Hasil penelitian pada siklus I dan 2 menunjukkan peningkatan sebesar 50% dari KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sebelum penggunaan metode Talking Stick dalam pelajaran PAI pada siklus I, hanya 22,2% (4 siswa) yang memenuhi KKM, sedangkan 77,8% (14 siswa) belum memenuhi KKM. Dengan demikian, KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 70. Prestasi belajar meningkat sebesar 22,2% dari siklus I ke siklus II, karena prestasi belajar meningkat

Published
2023-10-31