Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat dan Loncat melalui Pendekatan Bermain menggunakan Media Bantu pada Siswa Kelas VA SD Negeri Randegan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo
Abstract
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Randegan kecamatan Tanggulangin kabupaten Sidoarjo semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.Penelitian ini berdasarkan permasalahan, (a) Apakah pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat dan loncat?.b) Apakah penggunaan media bantu dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat dan loncat ?.
Tujuan penelitian ini adalah : a) Pendekatan bermain untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat dan loncat.b)Penggunaan media bantu untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat dan loncat.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar gerak dasar lompat dan loncat pada siswa kelas V SD Negeri Randegan masih rendah sebesar 43,47% mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,86%), siklus II (82,60%), siklus III (100%.). Nilai rata rata hasil belajar siswa juga meningkat yaitu siklus I sebesar (70,86) siklus II (82,60) dan siklus III (84,78).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan bermain dengan media bantu dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat dan loncat pada siswa kelas V SD Negeri Randegan kecamatan Tanggulangin kabupaten Sidoarjo semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.




