Peningkatan Hasil Belajar Matematika Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Pecahan Desimal, melalui Metode Bermain dengan menggunakan Media Kartu Pecahan, pada Siswa Kelas VI SDN Klantingsari 2 Tarik Sidoarjo

  • Kiptiyah Kiptiyah SD Negeri Klantingsari 2 Tarik Sidoarjo

Abstract

          Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas untuk memperbaiki pembelajaran di kelas.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Klantingsari 2 Tarik Sidoarjo semester satu tahun pelajaran 2021/2022,yang berjumlah 19 siswa.Prosedur penelitiannya dilakukan melalui dua siklus, yang sebelumnya di awali dengan kegiatan Prasiklus. Tahapan-tahapan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.

          Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah yaitu :1)Apakah metode bermain dapat meningkatkan hasil belajar membandingkan dan mengurutkan bilangan pecahan decimal pada siswa kelas VI SDN Klantingsari 2?.2) Bagaimanakah penggunaan media kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar membandingkan dan mengurutkan bilangan pecahan decimal siswa kelas VI SDN Klantingsari 2?

   Tujuan penelitian ini adalah: 1) Metode bermain untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan pecahan desimal pada siswa kelas VI SD Negeri Klantingsari 2. 2)Penggunaan media kartu pecahan  untuk meningkatkan hasil belajar matematika dalam membandingkan dan mengurutkan bilangan pecahan desimal pada siswa kelas VI SD Nenegri Klantingsari 2.

Hasil dari observasi di dapatkan bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat,yang di buktikan dengan ketuntasan belajar pada prasiklus sebesar (47,36%),siklus I sebesar ( 78,94%) dan siklus II sebesar (94,73%).Nilai rata rata yang di capai siswa juga meningkat yakni Prasiklus sebesar (69,47 ),Siklus I sebesar ( 82,63) dan Siklus II sebesar ( 87,10).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan metode bermain menggunakan media kartu bilangan pecahan dalam melaksanakan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar  siswa.

Published
2022-04-01