Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Penerapan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 di SMAN 1 Ponggok Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini yaitu peningkatkan kompetensi pedagogik guru melalui pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 dan mengetahui langkah – langkah yang tepat agar pembelajaran daring dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru di masa pandemi Covid 19. Metode yang digunakan berupa Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis diskriptif. Sasaran dalam penelitian ini yaitu guru SMAN 1 Ponggok tahun pelajaran 2020/2021 semeter 2. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Masing – masing tahapan siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi atau pengamatan, pengumpulan dokumen. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kualittaif deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan diketahui jika pembelajaran daring dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Pada siklus 1 kegiatan pelaksanaan pembelajaran daring ke-1 adalah 72,82%, kegiatan pelaksanaan pembelajaran daring ke-2 adalah 76,13% dari kegiatan ke – 1 ke -2 mengalami kenaikkan 3,31%. Pada siklus 2 kegiatan pelaksanaan pembelajaran daring ke-1 adalah 77,80%, kegiatan pelaksanaan pembelajaran daring ke-2 adalah 81,82% dari kegiatan ke – 1 ke -2 mengalami kenaikkan 4,02%. Kegiatan siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 7,1% . Pembelajaran daring sesuai dengan tuntutan Pemerintah di masa Pandemi Covid-19 melaksanakan pembelajaran secara daring sudah dilaksanakan dan dijalankan dengan baik di SMA Negeri 1 Ponggok.




