Analisis Proses Pembelajaran, Hambatan, dan Strategi Guru Sma Negeri 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur dalam Melaksanakan Pembelajaran di Tengah Antisipasi Penyebaran Covid-19
Abstract
Tujuan riset eksploratif ini untuk mengetahui proses pembelajaran, hambatan dan strategi yang dilakukan guru-guru SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur untuk antisipasi penyebaran Covid-19 ditinjau dari ruang lingkup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran. Metode yang digunakan yakni penelitian eksploratif yang menggunakan kombinasi pendekatan kuantitatif dan juga kualitatif. Hasil penelitiann menunnjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar yang telahh dilakukan oleh guru di tengah antisipasi penyebaran Covid-19 di SMA Negeri 5 Taruna Brawijaya Jawa Timur dilihat dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian diketahui jika sebagian besar guru menerapkan sistem asynchronousdengan menggunakan google classroom atau platform Learning Management System (LMS) dan aplikasi chatting (Whatsapp) dalam kegiatan belajar mengajar secara daring dimasa pandemi. Hambatan yang terjadi yaitu berupa sarana dan prasarana yang terbatas, waktu daring yangkurang, guru ada yang mengalami kesulitan dalam menggunakan media berbasis teknologi informasi dan siswa banyak kurang disiplin dan motivasinya dalam belajar mengalami penurunan. Oleh karena itu perlu dikembangkan strategi oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan melibatkan orangtua, menyesuaikan waktu pembelajaran secara fleksibel dan guru harus mengikuti kegiatan pelatihan terkait penggunaan media pembelajaran.




