Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Tema 6 Materi Hak, Kewajiban dan Tanggung Jawab sebagai Warga Negara melalui Strategi Synergetic Teaching pada Siswa Kelas V
Abstract
Penelitian ini mengangkat topik tentang kendala yang dialami dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari peelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe synergetic teaching pada mata pelajaran PPKn kelas V SDN Menyono I Kecamatan Kuripan. Rumusan masalah yang diangkat berupa apakah dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe synergetic teaching dapat meningkatkan hasil belajar PPKn pada materi hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga pada siswa kelas V SDN Menyono I Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Penelitian Tindakan Kelas ini dalam pelaksanaannya menggunakan tiga siklus dan terdiri dari empat tahapan masing – masing siklusnya (perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi). Subjek penelitian yakni siswa kelas V SDN Menyono I Kecamatan Kuripan berjumlah 12 siswa. Data dikumpulkan dari hasil observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi synergetic teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu evaluasi awal pra siklus memiliki ketuntasan 25,00% dan mengalamai peningkatan pada siklus I sebesar 41,67%, siklus II sebesar 75,00%, dan siklus III 100%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan jika ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi synergetic teaching pada mata pelajaran PPKn kelas V SDN Menyono I Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo.




