Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Tema 3 Materi Pelaksanaan Kewajiban, Hak, dan Tanggung Jawab sebagai Warga Negara Melalui Pembelajaran Model Quantum Learning Media Flash Card pada Siswa Kelas VI

  • Hosnan Hosnan SDN Satreyan III Kecamatan Maron

Abstract

Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara Indonesia (Pasal 31 UUD 1945). Pemendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi yang mewajibkan satuan pendidikan dasar memuat PPKn membentuk warganegara yang mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya menjadi warganegara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter sesuai Pancasila dan UUD 1945. PPKn di SDN Satreyan III  Kecamatan Maron mengalami masalah. Berdasarkan observasi, ditemukan ada permasalahan guru kurang optimal dalam menggunakan model inovatif, kurang maksimal dalam menggunakan media yang menarik, siswa kurang berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Data hasil penilaian evaluasi di SDN Satreyan III  Kecamatan Maron pada mata pelajaran PPKn terdapat 75,00% (9 dari 12 siswa) mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan 75. Masalah tersebut mendesak untuk diselesaikan, peneliti termotivasi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran PPKn melalui model Quantum Learning dengan media Flash Card. Alasan peneliti melilih model Quantum Learning adalah model pembelajaran yang menciptakan lingkungan belajar bermakna dan menyenangkan, menumbuhkan minat belajar siswa, menciptakan pengalaman siswa, agar siswa menemukan konsep suatu ilmu, siswa menunjukkan bahwa mereka tahu, mengulas kembali materi yang dipelajari, agar tercipta keberhasilan suatu pembelajaran (DePorter, 2014: 39-40). Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn melalui model Quantum Learning dengan Media Flash Card. Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn melalui model Quantum Learning dengan Media Flash Card di kelas VI SDN Satreyan III  Kecamatan Maron. Rancangan penelitian mengunakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru meningkat, siklus I rerata skor 87 kriteria baik, siklus II rerata skor 90 kriteria sangat baik, dan siklus III rerata skor 97 kriteria sangat baik. Aktivitas siswa meningkat, siklus I rerata skor 81 kriteria baik, siklus II rerata skor 86 kriteria baik, dan siklus III rerata skor 93 kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sampai siklus III. Hasil belajar siklus 1 ketuntasan klasikal 46,15%, siklus II ketuntasan klasikal 75.00%, meningkat pada siklus III ketuntasan klasikal 100%. Data siklus III menunjukkan ketuntasan klasikal telah mencapai target 85% yaitu 100% penelitian dihentikan karena telah mencapai target indikator pencapaian. Simpulan penelitian ini adalah model Quantum Learning dengan media Flash Card dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn siswa di kelas VI SDN Satreyan III  Kecamatan Maron.

Published
2022-04-08