Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema 2 tentang Berbagai Sumber Energi melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas IV
Abstract
Keberhasilan tujuan sebuah pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi hasil belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran penemuan (discovery)? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran penemuan (discovery) terhadap motivasi belajar siswa?. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan (discovery). (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran penemuan (discovery). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus empat kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Menyono I Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022 ”, Data yang dihasilkan berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar guru dan siswa. Berdasarkan hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai prestasi hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu: 62,86, 72,86, dan 81,43 prosentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu : 50,00% 71,43%, dan 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode penemuan (discovery) berpengaruh positif terhadap motivasi belajar serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA pada materi pokok Sumber energi.




