Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Tema I Materi Berbagai Bentuk Keberagaman melalui Model Two Stay Two Stray dengan Media Powerpoint pada Siswa Kelas IV

  • Ratna Umi Yulianti SDN Resongo V Kecamatan Kuripan

Abstract

Mata pelajaran PPKn disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu  dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil refleksi  diri peneliti  dalam pembelajaran PPKn  pada siswa kelas IV SDN Resongo V Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo yang menunjukkan perlu adanya peningkatan. Beberapa permasalahan penyebab kondisi tersebut diantaranya: (1) keterampilan guru: guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran ; (2) aktivitas siswa: dalam kegiatan kerja kelompok hanya beberapa siswa saja yang aktif, dan siswa yang lain bermain sendiri; (3) hasil belajar: hanya 30,77% dari 13 siswa  yang mendapat hasil belajar mencapai  KKM.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kualiatas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn melalui model  Two Stay Two Stray dengan media Powerpoint  pada siswa kelas IV SDN Resongo V Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo.  Tujuan dari penelitian ini  adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pembelajaran PPKn pada siswa kelas IV SDN Resongo V Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa  SDN Resongo V  Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data  menggunakan analisis statistik  kuantitatif  dan analisis deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ranah pengetahuan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 61,54, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 73,85 dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 83,08 sedangkan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal adalah 46,15%, 76,92%, dan 100 %.    Simpulan penelitian ini adalah melalui model Two Stay Two Stray dengan media  Powerpoint  pada pembelajaran PPKn  dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya menerapkan model Two Stay Two Stray dengan media Powerpoint sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn.

Published
2022-04-09