Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn Tema I Materi Berbagai Bentuk Keberagaman melalui Model Two Stay Two Stray dengan Media Powerpoint pada Siswa Kelas IV
Abstract
Mata pelajaran PPKn disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil refleksi diri peneliti dalam pembelajaran PPKn pada siswa kelas IV SDN Resongo V Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo yang menunjukkan perlu adanya peningkatan. Beberapa permasalahan penyebab kondisi tersebut diantaranya: (1) keterampilan guru: guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran ; (2) aktivitas siswa: dalam kegiatan kerja kelompok hanya beberapa siswa saja yang aktif, dan siswa yang lain bermain sendiri; (3) hasil belajar: hanya 30,77% dari 13 siswa yang mendapat hasil belajar mencapai KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kualiatas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn melalui model Two Stay Two Stray dengan media Powerpoint pada siswa kelas IV SDN Resongo V Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pembelajaran PPKn pada siswa kelas IV SDN Resongo V Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SDN Resongo V Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis statistik kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ranah pengetahuan siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 61,54, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 73,85 dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 83,08 sedangkan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal adalah 46,15%, 76,92%, dan 100 %. Simpulan penelitian ini adalah melalui model Two Stay Two Stray dengan media Powerpoint pada pembelajaran PPKn dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya menerapkan model Two Stay Two Stray dengan media Powerpoint sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn.




