Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar PPKn Tema 1 Tentang Berbagai Bentuk Keberagaman Di Ndonesia Melalui Pembelajaran Model Team Quiz Berbasis CD Pembelajaran Pada Siswa Kelas VI

  • Sawang Riyanto SDN Resongo II Kecamatan Kuripan

Abstract

Salah satu upaya dari pemerintah dalam peningkatan kualitas pendidikan yaitu dengan dikeluarkannya undang-undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003. Undang-undang Sisdiknas menyatakan bahwa disetiap jenis, jalur, dan jenjang semua mata pelajaran di satuan pendidikan salah satunya memuat Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas VI SDN Resongo II Kecamatan  Kuripan  Kabupaten Probolinggo diketahui bahwa dalam pembelajaran PPKn siswa kurang termotivasi disebabkan guru kurang melakukan model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa kurang aktif, merasa bosan dan media pembelajaran yang disajikan kurang menarik bagi siswa dan berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui model kooperatif tipe Team Quiz berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran PPKn melalui model kooperatif tipe Team Quiz berbasis CD pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus, tiap siklusnya diadakan satu kali pertemuan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Resongo II Kecamatan  Kuripan  Kabupaten Probolinggo dengan subyek penelitian 15 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki, 8 siswa perempuan dan guru PPKn di kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen, tes, observasi, angket, wawancara dan cacatan lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Pada siklus I rata-rata perolehan skor keterampilan guru adalah 85 dengan kategori Guru Kreatif, pada siklus II rata-rata perolehan skor keterampilan guru meningkat menjadi 89 dengan kategori guru sangat kreatif, pada siklus III rata-rata perolehan skor keterampilan guru meningkat menjadi 93 dengan kategori guru sangat kreatif. Aktivitas siswa pada siklus I skor diperoleh sebesar 77 dengan kategori siswa cukup aktif, dan pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 84 dengan kategori siswa aktif, pada siklus III perolehan skor meningkat menjadi 93 dengan kategori siswa sangat Aktif. 3) Ketuntasan  siswa pada siklus I sampai dengan siklus III sebagai berikut: 62,50. 73,75.  dan 81,25 sedangkan prosentase ketuntasan klasikal yaitu 50,00%, 75,00%, dan 100%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn melalui penerapan model kooperatif tipe Team Quiz berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan, keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Resongo II Kecamatan  Kuripan  Kabupaten Probolinggo.

Published
2022-04-05