Upaya Peningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 3 tentang Organ Pencernaan dan Fungsinya pada Manusia dan Hewan melalui Pembelajaran Model DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan Pemberian Tugas pada Siswa Kelas V

  • Agus Sriwahyuni SDN Jatisari III Kecamatan Kuripan

Abstract

Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi. Penelitian berdasarkan permasalahan, (a) Apakah DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) Dengan Pemberian Tugas   berpengaruh terhadap hasil Belajar Tentang Fungsi Organ Pencernaan Manusia dan Hewan? b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) dengan pemberian tugas terhadap motivasi belajar siswa?. Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) Dengan Pemberian Tugas terhadap hasil Belajar Tentang Fungsi Organ Pencernaan Manusia dan Hewan. (b) Untuk mengungkap DMR (Diskursus Multy Reprecentacy) Dengan Pemberian Tugas   terhadap motivasi Belajar Tentang Fungsi Organ Pencernaan Manusia dan Hewan siswa Kelas 5 SD Negeri Jatisari III ,  Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran   2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas 5 SD Negeri Jatisari III ,  Kecamatan Kuripan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran   2021/2022, Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa rata-rata nilai  prestasi hasil  belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus   adalah 61,11, 74,44, dan 83,33 sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa adalah 38,89%, 77,78%, dan 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran terstruktrur dengan pemberian tugas dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas 5 SD Jatisari III ,  Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran  2021/2022, serta motode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.

Published
2022-04-04