Implementasi Pendidikan Karakter Bersahabat/Komunikatif melalui Model Group Investigation Mapel IPS pada Siswa Kelas V MI Negeri 12 Blitar Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Ana Azawati MI Negeri 12 Kabupaten Blitar, Indonesia

Abstract

Proses pembelajaran IPS, pada kenyataannya mengalami beberapa permasalahan, diantaranya: (1) mata pelajaran IPS disajikan oleh guru sebagai mata pelajaran yang tidak menarik, karena pembelajaran berpusat pada guru, (2) siswa kurang diberi kesempatan dalam mengembangkan ide dan pikirannya sehingga pembelajaran tidak bermakna bagi siswa, (3) siswa merasa bosan dengan apa yang dipelajari karena siswa hanya menghafalkan konsep-konsep yang disampaikan dalam pembelajaran, (4) konsep-konsep yang disampaikan kepada siswa diberikan terpisah-pisah, (5) siswa mudah lupa apa yang sudah diingat sebelumnya karena pembelajaran terbatas pada kegiatan membaca buku atau mendengar penjelasan, dan (6) rendahnya hasil belajar IPS dengan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini menggunakan alur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus masing-masing melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran melalui model pembelajaran Group Investigation pada siswa kelas V dengan menitikberatkan pada pembentukan karakter Bersahabat/Komunikatif dan sekaligus mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran Group Investigation berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan, hal ini didukung dari aktifitas guru saat mengajar di siklus I dengan hasil observasi pertemuan 1 (84,85%) dan pertemuan 2 (91,1%). Di siklus II dengan hasil observasi pertemuan 1 (93,94%) dan pertemuan 2 (96,97%). Sedangkan hasil observasi siswa siklus I pertemuan 1 rata-rata persentase (14,36%) dan pertemuan 2 rata-rata persentase (14,27%). Di siklus II dengan hasil observasi siswa pertemuan 1 rata-rata persentase (17,90%) dan pertemuan 2 rata-rata persentase (19,7%). Hasil belajar siswa meningkat ditunjukkan dari rata-rata 70,3% dan ketuntasan 63,63% di siklus I, dan rata-rata di siklus II 86,1% dengan ketuntasan 84,84%, ketuntasan siswa di siklus I (60,61%), siklus II (81,82%). Sedangkan karakter Bersahabat/Komunikatif (Lingkungan dan Sosial), terjadi perubahan yang signifikan yang ditunjukkan dari hasil observasi siklus I pertemuan 1 rata-raa persentase (67%), pertemuan 2 (74,67%), di siklus II pertemuan 1 rata-rata persentse (87,67%) dan di pertemuan 2 (90%).

Published
2023-07-31