Meningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif melalui Implementasi Teori Belajar Bruner Pada Siswa Kelas VI

  • Lilik Andayani SDN Kecik I Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo, Indonesia

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan haisl belajar siswa kelas VI pada operasi hitung bilangan bulat negative dengan diterapkan teori belajar bruner. Hal ini dilatarbelakangi dengan rendahnya nilai siswa pada topik tersebut. Dari hasil pengamatan diketahui jika hasi belajar siswa masih rendah  dan perlu ditingkatkan. Salah satu solusi yakni dengan menerapkan teori belajar bruner. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diketahui jika penerapan teori belajar bruner pada operasi hitung bilangan bulat negative dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Kecik. Sebelum tindakan hanya 32,00% siswa yang tuntas diatas nilai 75, pada siklus I terdapat 48,00% siswa tuntas, pada siklus II terdapat 72,00% siswa yang tuntas dan dilanjutkan pada siklus III dan diketahui siswa yang tuntas sebanyak 100%. Rata – rata nilai sebelum tindakan yakni 56,00 pada siklus I niali rata – rata naik menjadi 72,80, pada siklus II nilai sebanyak 72,80 dan pada siklus III nilai menjadi 82,40.

Published
2022-09-30