Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya tentang Gerak Tari dan Iringan dengan Penerapan Metode Direct Learning pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Wulandari Wulandari SMP Negeri 1 Karangrejo, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 khususnya pada mata pelajaran seni budaya dengan materi gerak tari dan iringannya dengan diterapkannya metode direct learning. Penelitian menggunakan penelitian tindakan dengan 2 siklus dan setiap siklusnya ada 4 tahapan. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalsis dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan metode direct learning yang diterapkan pada mata pelajaran seni budaya dengan materi materi gerak tari dan iringannya dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 65,5% dan pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 93,1%.  

 

Published
2022-09-30