Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Orgainizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan dengan Metode Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA yang Memuat Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas VIII-H Semester 2 SMP Negeri 1 Karangrejo

  • Yamah Yamah SMP Negeri 1 Karangrejo, Indonesia

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan diketahui jika hasil belajar siswa kelas VIII-H semester 2 SMP Negeri 1 Karangrejo Tahun Pelajaran 2018/2019 masih rendah khususnya pada mata pelajaran IPA dengan materi getaran dan gelombang. Mata pelajaran IPA memang selama ini dianggap sangat sulit karen amungkin belum bisa dipahami dengan baik. Guna mneingkatkan prestasi hasil belajar siswa maka diperlukan upaya pengembangan metode yang sebelumnya konvensioan; dan dikembangkan dengan penerapan metode CORE yang berbantuan mind mapping. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan dengan 2 siklus dan setiap siklusnya ada 4 tahapan. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian diketahui jika penerapan metode CORE dan mind mapping dapat meningkatkan prestasi hasil belajar siswa kelas VIII-H semester 2 SMP Negeri 1 Karangrejo Tahun Pelajaran 2018/2019 pada mata pelajaran IPA dengan materi getaran dan gelombang. Pada siklus I nilai ketuntasan siswa sebanyak 62,9% dna pada siklus II menjadi 85,7%.

Published
2022-09-30