Penerapan Metode Think Pair Share untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Iklan Baris Pada Siswa Kelas IX-H Semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Sriatin Sriatin SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung, Indonesia

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan dengan subjek yakni siswa kelas IX-H semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020 pada waktu pembelajaran Bahasa Indonesia. Materi yang diambil yakni keterampilan menulis iklan. Metode pendekatan yang digunakan yakni metode Think Pair Share. Hal ini dilatarbelakangi dengan adanya nilai yang masih rendah pada siswa dilihat hari hasil observasi sebleum tindakan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus penelitian. Pada setiap siklusnya dilakukan 4 tahapan terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data hasil penelitian dikumpulakn dari tes dan juga observasi. Data yang sudah didapatkan kemudian dihitung. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan pendekatan metode Think Pair Share dapat meningkatkan ketrampilan menulis dan mengembangkan kreatif siswa pada materi menulis iklan baris siswa kelas IX-H SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung. Pada siklus I didapatkan siswa yang tuntas sebanyak 63,3% dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 93,3%.

Published
2022-09-30