Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa yang Memuat Wawancara Pada Siswa Kelas VIII-B Semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Siti Nurkasanah SMP Negeri 1 Karangrejo, Indonesia

Abstract

Penelitian yang sudah dilaksankan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas VIII-B semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020. Mata pelajaran yang diteliti yakni Bahasa Jawa dengan materi wawancara. Penelitian menggunakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Cooperative Learning Tipe Group Investigation. Hal yang mendasari penelitian ini yakni rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa. Data yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara dna juga tes. Hasil penelitian menunjukkan jika penerapan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa yang memuat wawancara pada siswa kelas VIII-B Semester 1 SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020. Siswa pada siklus I mendapatkan ketuntasan sebesar 64,3% sedangkan pada siklus II siswa mendapatkan ketuntasan sebesar 85,7%.

Published
2022-09-30