Peningkatan Keterampilan Menulis Report text Melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IX-F SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Semester 1 Tahun pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis report text dengan pendekatan keterampilan proses di kelas IX-F SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Semester 1 Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilatarrbelakangi denggan hasil belajar siswa yang masih rendah dalam menulis report text. Penelitian menggunakan penelitian tindakan dengan 2 siklus penelitian. Setiap siklusnya dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan jika pendekatan keterampilan proses di kelas IX-F SMP Negeri 1 Karangrejo Tulungagung Semester 1 Tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan keterampilan menulis reprt text siswa. Pada siklus I didapatkan hasil jika ketuntasan siswa sebanyak 67,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,5%.