Penerapan Metode Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatan Keterampilan Menulis Procedure text Pada Siswa Kelas XII RPL Semester 1 SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa Kelas XII RPL. Dalam penelitian ini peneliti sebagai guru (peng-ajar), guru kelas (mitra peniliti) sebagai observer proses pembelajaran Menulis Procedure text. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Metode Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan Ketrampilan menulis dan mengembangkan kreatif siswa pada materi Menulis Presedure text siswa Kelas XII RPL SMK Negeri 1 Boyolangu Tulungagung mempunyai kriteria keberhasilan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Ketrampilan menulis siswa berdasarkan nilai post test per siklus dengan nilai di atas KKM yaitu persentase pada siklus I 62,1% dan pada siklus II 93,1%.