Penerapan Metode Drill dalam Meningkatkan Hasil Belajar TIK Menggunakan Menu dan Ikon pada Microsoft Word 2007 pada Siswa Kelas X MIPA 1 Semester II SMA Negeri 1 Pasirian Lumajang
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Kelas X MIPA 1 pada waktu pembelajaran TIK diperoleh hasil bahwa Hasil belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 33 siswa hanya 12 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 21 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberikan penekanan materi yang jelas tentang Menggunakan Menu dan Ikon pada Microsoft Word 2007 tersebut, setelah memberikan tugas kepada siswa, guru meninggalkan ruangan, guru tidak menggunakan strategi, maupun metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreatif siswa, serta masih banyak siswa yang bermain sendiri pada saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Menggunakan Menu dan Ikon pada Microsoft Word 2007 serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Metode Drill.